Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Peristiwa Melalui Metode Diskusi Di Kelas VA SD Negeri 049 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Peristiwa Melalui Metode Diskusi Di Kelas VA SD Negeri 049 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Peristiwa Melalui Metode Diskusi Di Kelas VA SD Negeri 049 Tarakan

Pengarang : Sumarsih - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VA SDN 049 Tarakan Semester II Tahun Pembelajaran 2011/2012. Yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes (tertulis dan lisan) dan non tes (lembar observasi guru dan siswa), dan instrumen validasi isi. Hasil penelitian di analisis menggunakan statisik deskriptif (sederhana) yaitu teknik presentase dan dihubungkan dengan standar yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Peristiwa Melalui Metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN 049 Tarakan pada semester II tahun pembelajaran 2011/2012.
Hasil belajar siswa kelas VA SDN 049 Tarakan semester II tahun pembelajaran 2011/2012 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan dengan menggunakan metode diskusi mengalami peningkatan. Kemampuan kognitif yang diukur terjadi peningkatan sebesar 15 % yaitu dari 85% (4 orang siswa tidak tuntas) pada siklus I menjadi 100 % (semua siswa tuntas) pada siklus II. Kemampuan afektif yang diukur terjadi peningkatan sebesar 18,18 % yaitu dari 70,44 % pada siklus I menjadi 88,63 %pada siklus II. Kemampuan psikomotorik yang diukur terjadi peningkatan sebesar 18,18 % yaitu dari 78,78 % pada siklus I menjadi 98,48% pada siklus II.

In this study was used classroom action research with two cycles. The sample of research is students of grade VA of SDN 049 Tarakan that is consists of 18 boys and 15 girls. The technique data collecting is by using technique test (written and orally) and non-test (teachers’ observation and students' observation), and content validation. The result of research relates to the standard minimum which has been fixed. The research result shows that Indonesia Language of Cooperative Learning Discussion Method Media is improving students learning result of the first V A Grade Students of SDN 049 Tarakan at the second semester in academic year 2011/2012. The students learning result of the five-A grade student of SDN 049 Tarakan at the second semester in academic year 2011/2012 for Indonesia Language by Discussion Method. Ability cognitive is improving 15 % from 85% at the cycle one becomes 100 % at the cycle two. Ability affective is improving 18,18 % from 70,44% at the cycle one becomes 88,63 % at the cycle two. Ability affective is improving 18,18 % from 78,78% at the cycle one becomes 98,48% at the cycle two.

Detail Informasi