Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengenal Huruf (Aksara) Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas B TK ABA 2 Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengenal Huruf (Aksara) Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas B TK ABA 2 Kota Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengenal Huruf (Aksara) Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas B TK ABA 2 Kota Tarakan

Pengarang : Suherni Adin Salmi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pengenalan huruf (aksara) kelas B TK ABA 2 Kota Tarakan dengan menggunakan media gambar.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas B 2 TK ABA 2 Kota Tarakan dengan jumlah siswa 26 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki 14 anak perempuan yang berusia kurang lebih 5-6 tahun. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah: (a) Pekerjaan siswa pada tes saat pembelajaran berlangsung, (b) Pengamatan pada saat proses pembelajaran berlangsung, (c) dokumentasi kegiatan pembelajaran yang dibutuhkan dalam penelitian. Selanjutnya data yang dihasilkan dianalisis dengan metode deskripsi kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media gambar, rata-rata kemampuan mengenal huruf siswa hanya 3,30 atau 43,8% dan setelah menggunakan media gambar, rata-rata kemampuan mengenal huruf siswa menjadi 4,52 atau 90,2%, maka terjadi peningkatan 46,4%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf (aksara).

This research aimed at increasing the students’ skills in identifying the alphabets by using pictures at class B of TK ABA 2 Tarakan. The subject of this research is student at class B2 of TK ABA 2 Tarakan, the classroom action research total of member students was 26 children comprising by 12 boys 14 girls aged approximately 5-6 years. This research type is Classroom Action Research. The technique used to collect the data of this study was: (a) The work of students on tests when learning took place, (b) observations took place during the learning process, (c) documentation of the learning activities required in the study. Furthermore, the data were analyzed with quantitative descriptions. The results showed that prior to using picture, the average ability of students to literate only 3,30 or 43,8%, and after using picture, the average ability of students to literate 4,52 or 90.2%, then there an increase of 46,4%. Based on the results of this study, it could be that learning by using picture, could increase the students' ability in identifying the alphabets at class B2 of TK ABA 2 Tarakan.

Detail Informasi