Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Cerita Dengan Menggunakan Gambar Seri Di Kelas VB SDN 008 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011-2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Cerita Dengan Menggunakan Gambar Seri Di Kelas VB SDN 008 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011-2012

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Cerita Dengan Menggunakan Gambar Seri Di Kelas VB SDN 008 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011-2012

Pengarang : Sudiani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis di Kelas VB pada pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Picture and Picture di SDN 008 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2011 di semester 1 tahun pembelajaran 2011-2012.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan afektif siswa dan pengamatan aaktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 75,63 dan siklus II meningkat menjadi 86,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan Siswa Kelas VB pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 008 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Picture and Picture

The reseach design of this reseach used Classroom Action Reseach (CAR). The objective of this reseach was to improve the students’ achievement on writing skill through Picture and Picture Model at fifth grade students of SD Negeri 008 Tarakan. The reseach was done on January to February 2011 at first semester in academic year 2011/2012. This reseach was done into some step; planning, implementing, observing and reflecting. The reseach instruments were observation sheet and test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 75.63 and the second cycle was 86.67. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using Multimedia. By understanding the result of this study, it can be concluded that Picture and Picture Model can improve the students’ Achievement on writing skill at Fifth Grade Students of SD Negeri 008 Tarakan. Keywords: Students’ Achievement, Picture and Picture Model

Detail Informasi