Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Media Lagu Kelas VB SDN 043 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Media Lagu Kelas VB SDN 043 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Media Lagu Kelas VB SDN 043 Tarakan

Pengarang : Sriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 043 Tarakan Kelas V masih di dominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang. Hal ini berpengaruh pada rendahnya kemampuan siswa. Pada saat kegiatan pembelajaran menulis puisi bebas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu menggunakan alat peraga, media dan metode yang cocok agar siswa dapat berpikir secara kritis, logis dan berimajinatif, dan dapat memberikan solusi masalah dengan sikap terbuka. Untuk mengatasi permasalahan tersebut di perlukan sebuah media yaitu media lagu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa, pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis puisi bebas. Pada siswa kelas V SDN 043 Tarakan dengan menggunakan media lagu. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar yang diambil dari pemberian tugas pada akhir kegiatan dan aktivitas kegiatan siswa diambil dari lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan 2 kali pertemuan dalam 2 siklus dan siswanya berjumlah 22 siswa.
Hasil analisis dari penggunaan media lagu selama dua siklus selalu mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata nilai dalam satu kelas (74.4%) dan pada siklus II rata-rata nilai dalam 1 kelas adalah (81,8%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran mengarang sederhana melalui penerapan model berbasis komunitas di kelas V SDN 043 Tarakan.

Kata Kunci: Menulis Puisi Bebas, Media Lagu

The Process of Learning Indonesian Language for students in the V Grade of SDN 043 Tarakan still dominated by their teacher. So that, the student’s that active in the learning process are still less. This is the cause of the student’s low ability in the writing poem learning’s process. To solve the problem, a teacher needs the right equipment's, media and method. So that, the students can think critic, logic and imaginative. Besides that, they also can give the solution of the problems with their opened attitude. To solve the problem, teacher needs a media called song’s media. The objective of this research is to solve the student’s low ability become increase in Indonesian language’s lesson especially in the writing free poem for the students in the V Grade of SDN.043 Tarakan by using the song’s media. The type of this research is class action’s research conducted into two cycles. The part of the cycles is planning phrase, observation’s action and data’s reflection that teacher got from the research. This research comprised learning’s result by given task in the end of activities and the activities of the students taken from the observation’s sheet. This research was conducted twice in the two cycles with twenty-two students. The analysis’s result by using song’s media during the two cycles always increasing. In the first cycles, the average of student’s evaluation’s results in the class is about (74.4%) and when the second cycles, the average of student's evaluation’s result in the class is about (81,8 %). Keywords: Writing Free Poem, Song’s Media

Detail Informasi