Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Energi Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Di Bantu Dengan Media Visual Siswa Kelas VI SDN 004 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Energi Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Di Bantu Dengan Media Visual Siswa Kelas VI SDN 004 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Energi Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Di Bantu Dengan Media Visual Siswa Kelas VI SDN 004 Tarakan

Pengarang : Sri Suparmi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian untuk meningkatan kualitas dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VIC SD Negeri 004 Sebengkok Tarakan Tengah tahun pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap-tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas VI sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian yang dipakai adalah rata-rata dan poresentase dengan KKM 70.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penerapan pembelajaran kooperatif yang di bantu dengan media visual dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar energi listrik pada siswa kelas VIC SDN 004 Tarakan, yaitu ditandai dengan: siswa kelas VIC sebanyak 30 anak mengalami peningkatan kualitas dan hasil belajar yaitu sebelum tindakan hanya 70% siswa belajar tuntas, setelah tindakan menjadi 96%.

Kata Kunci: Kualitas, Belajar, Sains, Pembelajaran Kooperatif

The purpose of study is to improve the quality and the student result of natural science by using cooperative learning at the sixth grade SD Negeri 004 SebengkokTarakan Tengah in academic year 2012/2013. This study used classroom action research which comprises stages: (1) planging, (2) action, (3) observation, (4) reflection. The research subject is thirty students at the sixth grade. The instrument for data collecting technique are test, interview, and observation sheet. The data for analysis technique is the average and the percentage of KKM 70 (the criterion of minimum completeness). Based on the result of study is concluded that the implementation cooperative learning by visual aid can improve the quality and the result of learning on electric energy at the sixth grade C of student SD Negeri 004 Tarakan. The study indicates thirty students at the sixth grades C improve the quality and the result of study from 70% completeness before treatment to 96% study completeness after treatment. Keywords: Quality, Study, Science, Cooperative Learning

Detail Informasi