Identifikasi Tingkat Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Tipe Multiple Solution Task (MST) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Tingkat Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Tipe Multiple Solution Task (MST)

Identifikasi Tingkat Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Tipe Multiple Solution Task (MST)

Pengarang : Istiqlal Kiding - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa kelas XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan dalam pemecahan masalah matematika tipe Multiple Solution Task (MST). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 92 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan Probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrument tes pada siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa siswa kelas XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan pada tingkat berpikir kreatif matematis tergolong pada kategori sedang karena hasil penyelesaiaan pemecahan masalah pada soal matriks menggunakan multiple solution task lebih dominan berada pada kategori sedang dengan jumlah 83 siswa 90,22%. Sedangkan pada Aspek kefasihan (fluency) pada tingkat berpikir kreatif matematis siswa tergolong sangat tinggi dengan rata-rata skor sebesar 98,64%, aspek fleksibilitas (flexibility) tergolong sangat rendah dengan rata-rata skor sebesar 51,36%, dan aspek kebaruan (novelty) tergolong sangat rendah dengan rata-rata skor sebesar 47,83%.

Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, MST

This study aimed to describe the level of students” creative thinking of class XI MIA students of SMA Hang Tuah Tarakan in solving the mathematical problems of Multiple Solution Task (MST) type. This research was carried out in the even semester of 2022/2023 academic year. The type of research is descriptive guantitative research. The sample was 92 students with the Probability sampling of saturated sampling technigues. Data collection is carried out by distributing test instruments to students. Data analysis technigues in this study used descriptive statistics. From the results of the study, it was found that class XI-MIA students at SMA Hang Tuah Tarakan were classified as medium category because the results of solving problems on matrix problems using multiple solution tasks were more dominant in the medium category with a total number of 83 students or 90,22%. Meanwhile, the fluency aspect at the level of mathematical creative thinking of students was very high with an average score of 98,64%, the flexibility aspect was very low with an average score of 51,36%, and the novelty aspect was very low with an average score of 47,83%. Keywords: Creative Thinking, Problem Solving, Multiple Solution Task (MST)

Detail Informasi