
Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I-A SDN 023 Tarakan
Pengarang : Mery Shinta - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kesulitan membaca permulaan merupakan bentuk kesulitan siswa dalam mengenal huruf abjad, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas I-A SDN 023 Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan membaca permulaan siswa yang dikonfirmasi dengan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebanyak 28 siswa kelas I-A yang menjadi partisipan dalam penelitian dan mengikuti tes yang diberikan. Setelah itu peneliti memilih 7 siswa kelas I-A yang dari hasil tes diketahui mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memang masih adanya terdapat kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa. Berdasarkan hasil tes yang diikuti siswa tersebut dimana kesulitan membaca yang dialami siswa antara lain: siswa sulit mengenal huruf, siswa masih ada yang belum dapat membaca suku kata, kata, dan belum mampu membaca kalimat sederhana. Siswa juga kesulitan membedakan huruf yang mirip, melakukan kesalahan dalam membaca seperti menghilangkan kata, menambah kata, dan mengganti kata. Karena kesulitan-kesulitan tersebutlah siswa banyak melakukan kesalahan dalam membaca permulaan. Adapun faktor penyebab kesulitan membaca permulaan siswa terbagi atas dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal.
Kata Kunci: Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Permulaan
Beginning reading difficulties are a form of students’ difficulties in recognizing letters of the alphabet, syllables, words, and simple sentences. This study aimed to determine the factors causing initial reading difficulties experienced by first graders local A at SDN 023 Tarakan. This research used descriptive qualitative research. Data was collected through students’ beginning reading skills, confirmed by interviews, observations, and documentation. Twenty-eight students participated in this research and took the tests given. The test result specified that 7 out of 28 students find difficulties in the beginning reading. The beginning reading difficulties experienced by the students are recognizing letters, reading syllables, words, and reading simple sentences. Furthermore, students could not distinguish similar letters, and while reading, they removed words, added words, and replaced words. Because of these difficulties, students make many mistakes in beginning reading. The factors forming reading difficulties are divided into internal and external factors. Keywords: Beginning Reading Difficulties, The Difficulties Factor