
Meningkatkan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Skrambel Kelas IV SD Al-Irsyad Tarakan
Pengarang : Siti Marwiah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara konkret penggunaan media skrambel untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV SD Al-Irsyad Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Al-Irsyad Tarakan yang berjumlah 35 orang. Instrumen peneliltian berupa tes dan nontes. Tes digunakan sebagai alat ukur dalam bentuk soal pilihan ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan media skrambel dapat meningkatkan hasil belajar siswa, tes awal dan tes akhir sikllus I sebesar 12,39 dan meningkat 88,28 pada siklus II. Dan hasil ketuntasan siswa dalam taraf penguasaan materi sudah mencapai 90% dari jumlah siswa. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media skrambel dapat meningkaykan hasil belajr siswa, dan pemahaman siswa sudah baik sekali.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca dengan Media Skrambel
The purpose of this study to determine concretely scramble media use to improve students' reading skills of fourth grade Al-Ershad Tarakan Learning Year 2011/2012. This study is action research conducted in two cycles, the first cycle and second cycle with steps of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were all students in the fourth grade Al-Ershad Tarakan totaling 35 people. Instruments such as tests and non-test research. The test is used as a measuring tool in the form of multiple-choice questions. The results showed that the media scramble can improve student learning outcomes, initial test and final test cycle I increased rate of 12.39 and 88.28 in the second cycle. And the results of students' mastery level of mastery of the material have reached 90% of the number of students. This shows that by using the media of scramble to improve learning outcomes of students, and the students have a good understanding of all. Keyword: Improve Reading Skills with Media Scramble