
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A Dalam Materi Berbalas Pantun Melalui Metode Demonstrasi Di SDN 043 Tarakan
Pengarang : Siti Hajar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Pantun adalah satu bentuk karya seni yang menggunakan media bahasa. Pantun ada untuk dibaca, dinikmati serta di manfaatkan yang berguna untuk mengembangkan wawasan kehidupan. Komponen Pantun: Pantun terdiri dari 4 baris kalimat, 2 baris pertama disebut sampiran, dua baris selanjutnya adalah isi. Aturan Membuat Pantun: diakhir kata setiap kalimat pantun harus memiliki pola ABAB, tetapi adakala orang membuatnya pola AAAA. Pola resminya adalah ABAB.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian siswa kelas IV-A SDN 043 Tarakan. Penelitian ini berlangsung kurang lebih 6 minggu pada proses belajar mengajar di semester II. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbalas pantun. Penelitian ini menggunakan Lembar penilaian unjuk kerja siswa sebagai instrumen penelitian dan dideskripsikan secara kualitatif.
Setelah diadakan tindakan dalam 2 siklus, hasil belajar siswa kelas IV-A mengalami peningkatan. Hasil pra siklus menunjukkan nilai rata-rata siswa 65,6 dengan tingkat ketuntasan 11,1% siklus I 76,9 dengan tingkat ketuntasan 44,4% dan siklus II nilai rata-rata menjadi 90 dengan tingkat ketuntasan 100%.
Kata Kunci: Berbalas Pantun dan Metode Demonstrasi
Pantun is an art which use language media. Pantun is created to be read, enjoyed and used to develop life knowledge. Pantun components: consist of 4 sentences line, 2 first line called satire, 2 next line called content. The rule of pantun making in the end of words each sentence pantun should have form ABAB, sometimes people make form AAAA. The formal form is ABAB. This thesis uses Action Research (PTK) and the students of grade 4th-A in SDN 043 Tarakan as a research object. It is done about 6 weeks at teaching learning process in the 2nd semester. The purpose of this thesis is, to know if demonstration method could increase students’ ability in question and answer in pantun. This thesis uses students’ pantun writing as a research instrument and it describes qualitatively. The result of the 4th-A grade students is increasing, after the action in 2 cycles. The result of pre cycle shows that the average score is 65,6 with passing score 11,1% the 1st cycle is 70,6 with passing score 44,4% and the 2nd cycle is 90 with passing score 100%. Keywords: Question and Answer in Pantun and Demonstration Method