
Disparitas Putusan Hakim Terkait Kelalaian Berkendara Dalam Lalu Lintas Mengakibatkan Korban Meninggal Dunia
Pengarang : Mega Sari Wahana Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini berjudul Disparitas Putusan Hakim Terkait Kelalaian Berkendara Dalam lalu Lintas Mengakibatkan Korban Meninggal Dunia, Kecelakaan lalu lintas yang dapat menimbulkan tindak pidana terjadi antara lain disebabkan oleh kelelahan, kelengahan, kekurang hati-hatian, dan kejenuhan yang dialami pengemudi. Peraturan perundang-undangan yang selama ini dibuat tidak memberikan pedoman pemberian pidana kelalaian berkendara mengakibatkan korban meninggal dunia secara tegas yang menjadi dasar bagi hakim sehingga terjadinya disparitas dalam putusan hakim. Skripsi ini menggunakan metode penelitian normatif. Bahan hukum yang digunakan terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder. Terjadinya disparitas putusan hakim terhadap kasus kelalaian dalam berlalu lintas yang menyebabkan orang lain meninggal dunia karena belum adanya batas minimal yang jelas terhadap pemberian sanksi terhadap tindak pidana yang sejenis. Dalam hal kecelakaan yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia sebagaimana dimaksud pada Undang-undang Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Terjadinya disparitas oleh hakim, dalam putusan pengadilan Nomor 5/Pid.Sus/2018/PN Klb dan 382/Pid.B/2020/PN Spg. dengan terpenuhinya unsur dalam pasal Pasal 310 ayat (4) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kedua kasus tersebut dalam putusan Pengadilan tersebut terjadi perbedaan yang sangat jauh dalam putusan nomor 5/Pid.Sus/2018/PN Klb, Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 7 (tujuh) bulan sedangkan putusan Nomor 382/Pid.B/2020/PN Spg. Terdakwa hanya di vonis 1 (satu) Bulan dan 25 (dua puluh lima) hari.
Kata Kunci: Disparitas, Putusan Hakim, Kelalaian Berkendara, Lalu Lintas,
Meninggal Dunia
This research is entitled Disparities in Judge's Decisions Related to Negligence in Driving in Traffic Causing Victims to Death. Traffic accidents that can lead to criminal acts are caused by fatigue, carelessness, carelessness, and boredom experienced by drivers. The legislation made does not explicitly provide guidelines for the awarding of driving negligence crimes resulting in the death of the victim, which forms the basis for judges resulting in disparities in the judge's decision. This thesis uses normative research methods. The legal materials used consist of primary and secondary legal materials. There is a disparity in judges' decisions regarding negligence in traffic cases that cause other people to die because there is no clear minimum limit for imposing sanctions on similar crimes; in the case of an accident that causes another person to die, as referred to in Law Number 22 of 2009 concerning Traffic and Transportation. There was a disparity among the judges in court decisions Number S/Pid.Sus/2018/PN Klb and 382/Pid.B/2020/PN Spg. with the fulfilment of the elements in Article 310 paragraph (4) of the Road Traffic and Transportation Law, the two cases in the Court's decision there was a very large difference in decision number 5/Pid. Sus/2018/PN Klb, Sentenced punishment to the Defendant with imprisonment for 1 (one) year and 7 (seven) months while the decision Number 382/Pid.B/2020/PN Spg. The Defendant was only sentenced to 1 (one) month and 25 (twenty-five) days. Keywords: Disparity, Judge's Decision, Driving Negligence, Traffic, Death