
Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema Lingkungan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IB SDN 008 Tarakan
Pengarang : Senia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian pembelajaran Tematik Tema Lingkungan dengan Menggunakan Media Gambar ini merupakan salah satu model pembelajaran bernuansa PAKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).
Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IB SDN 008 Tarakan Semester II Tahun Pembelajaran 2011/2012. Yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes (tertulis dan lisan) dan non tes (lembar observasi guru dan siswa), dan instrumen validasi isi. Hasil penelitian di analisis menggunakan statisik deskriptif sederhana yaitu teknik presentase dan dihubungkan dengan standar yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Tematik Tema Lingkungan dengan Menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IB SDN 008 Tarakan pada semester II tahun pembelajaran 2011/2012.
Hasil belajar tematik tema lingkungan siswa kelas IB SDN 008 Tarakan semester II tahun pembelajaran 2011/2012 yang diajarkan dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan. Mata Pelajaran IPA meningkat 14,45 % yaitu dari 74,18 % pada siklus I menjadi 88,63 % pada siklus II. Mata pelajaran IPS meningkat 12,62 % yaitu dari 76,65 % pada siklus I menjadi 89,27 % pada siklus II. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia meningkat 7,92 % yaitu dari 84,45 % pada siklus I menjadi 92,37 % pada siklus II.
In this study was used classroom action research with two cycles. The sample of research is students of grade IB of SDN 008 Tarakan that is consists of 13 boys and 17 girls. The technique data collecting is by using technique test (written and orally) and non-test (teachers' observation and students' observation), and content validation. The result of research is connected with the standard minimum which has been fixed. The research result shows that Thematic by Visual Method is improving students learning result of the first IB Grade Students of SDN 008 Tarakan at the second semester in academic year 2011/2012. The students learning result of the first B grade student of SDN 008 Tarakan at the second semester in academic year 2011/2012 for Thematic by Visual Method. Ability cognitive IPA is improving 14,45 % from 74,18 % at the cycle one becomes 88,63 % at the cycle two. Ability cognitive IPS is improving 12,62 % from 76,65 % at the cycle one becomes 89,27 % at the cycle two. Ability cognitive Indonesia Language is improving 7,92 % from 84,45 % at the cycle one becomes 92,37 % at the cycle two.