Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Pencernaan Makanan Pada Manusia Menggunakan Model Cooperative Script Di Kelas V B SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Pencernaan Makanan Pada Manusia Menggunakan Model Cooperative Script Di Kelas V B SDN 009 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Pencernaan Makanan Pada Manusia Menggunakan Model Cooperative Script Di Kelas V B SDN 009 Tarakan

Pengarang : Scorpiana Dwiwaty Lepare - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah dilaksanakan di SDN 009 Tarakan pada semester II tahun 2010/2011, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V B SDN 009 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pencernaan Makanan Pada Manusia dengan menggunakan Model Cooperative Script. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrument penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa dan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh siswa pada setiap siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar 69,5% dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 94,5%.
Kesimpulan PTK ini adalah penggunaan Model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B SDN 009 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Cooperative Script

Classroom Action Research (CAR) was conducted in SDN 009 Tarakan in the second semester academic year 2011/2012. The subject of this research was the fifth B class students of SDN 009 Tarakan. The objective of this research is to increase the students’ learning result in food digestion by human being topic by using Cooperative Script Model. This research conducted in two cycles in each cycle consisted of two meetings. The research instrument that is used to get the students’ progress data was observation sheet toward students’ behavior. To know about students’ learning result the multiple-choice question that consist of 10 questions was distributed. This research result showed that Model Cooperative Script can increase the students’ learning result. It is proved from the result in every cycle. Student’s result study was 69,5% in the cycle 1 and 94,5% in the cycle 2. Conclusion in this classroom action research is the use of experiment method may improve student’s result study in study in grade 5 SDN 009 Tarakan. Keywords: Result Study, Environment knowledge, Cooperative Script

Detail Informasi