
Penggunaan Alat Peraga Mistar Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Bilangan Bulat Siswa Kelas V SDN 001 Tarakan
Pengarang : Santi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan alat peraga mistar bilangan di kelas V C SDN 001 Tarakan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengumpulkan hasil penelitian sesuai dengan fakta dan data yang diperoleh di lapangan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 001 Tarakan pada semester I tahun pembelajaran 2011/2012, dengan objek penelitian adalah siswa kelas V C yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada penelitian tindakan kelas ini diperoleh data tentang sikap siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan data hasil belajar siswa yang diambil dari tes hasil belajar yang dilakukan pada akhir siklus.
Dari hasil penelitian menunjukkan penggunaan alat peraga mistar bilangan pada materi penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan yaitu rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata siswa 6,92 dan siklus II nilai rata-rata siswa 7,84 mengalami peningkatan sebesar 0,92, dan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I 68% dan pada siklus II 100% mengalami peningkatan 32% dengan nilai KKM 7. Selain itu juga dapat meningkatkan hubungan siswa dengan guru dan siswa dengan siswa lain karena terjalin kerjasama antar sesama siswa, kegiatan belajar mengajar juga menjadi lebih aktif, efektif, dan menyenangkan.
The purpose of this research to raise math mastering of the students in grade V SDN 001 Tarakan. This study is done through PTK (classroom action research) Which is used to collect the result of the study based on the fact and the data. Every cycle consists of four steps. They are planning, doing, observation, and reflection. This study is hold in semester I of the year 2011/2012 SDN 001 Tarakan. The object of the study is the students in grade V which are 25 all of them. There are two cycles in this study. The first cycle to obtain the students behavior while the classes and the second cycle to obtain the data of student’s math mastering from the written test in the end of the cycle. The result of this study shows the using of mistar bilangan in adding mattery can raise the math mastering of the students. This is proved from the average score of cycle I is 6,92, while cycle II is 7,8. It raises about 0,92. Math’s KKM is 7. In cycle I 68% students can obtain KKM, while cycle II 100% students can obtain KKM. The using of mistar bilangan can also raise the cooperative between teacher and students, and among the students. The teaching and learning process will be more active, effective and fun.