
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Perubahan Lingkungan Dan Pengaruhnya Menggunakan Media Audio Visual Berbantukan Alat Peraga Di Kelas IV MI Arrayyan Kota Tarakan
Pengarang : Salmah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman belajar dan kebiasaan berpikir dikelas karena terbatasnya media yang digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya menggunakan media audio visual berbantukan alat peraga dikelas IV MI Arrayyan kota Tarakan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode demonstrasi dan eksperimen, kelas yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas IV MI Ararayyan Kota Tarakan dengan jumlah siswa 13 Orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara lembar kerja siswa yang dibagi dalam dua siklus.
Beberapa hal yang menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa adalah: konsentrasi belajar siswa terganggu karena jam masuk sekolah pada siang hari sehingga siswa lebih cendrung menghabiskan waktu dikelas tanpa konsentarsi terhadap pelajaran dan keterbatasan media yang digunakan dalam pembelajaran, sehingga guru berupaya untuk mengubah pola belajar siswa dengan menarik perhatian dan minat belajar siswa dengan menyampaikan materi pelajaran dengan santai namun menjurus pada penguasaan dan pemahaman siswa dengan menggunakan media Audio Visual berbantukan alat peraga. Keberhasilan pembelajaran pada siklus I mencapai 71% dan keberhasilan pembelajaran pada siklus 2 mencapai 79% dengan prediksi keberhasilan pembelajaran 75% dari KKM 62,50.
Hasil akhir dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Audio Visual berbantukan alat peraga pada materi pembelajaran perubahan lingkungan dan pengaruhnya ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV MI Arrayyan kota Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual
This Research of background by lack of understanding learn and habit think class because the limited media which used in study. Intention of this research is to improve result learn student at the study of items change of influence and environment of using visual audio media assist appliance physic of class of IV MI Arrayyan town of Tarakan. Method Research the used is method demonstrate and experiment, class taken as research subyek is class of IV MI Ararayyan Town of Tarakan with students amount 13 People. Data collecting done/conducted by divided into student spread sheet two cycle. Some matters causing downhill of him result of learning student are: concentration learn student annoyed because hour/clock go to school in the day time so that student tends more pass the time class without concentration to Iesson and limitation of media which used in study, so that learn to cope to alter pattern learn student pretentiously and enthusiasm learn student submitted Iesson items calmly but menjurus at domination and understanding of student by using Visual Audio media assist physic appliance. Efficacy of study at cycle of I tired 71% and efficacy of study at cycle 2 reaching 79% with efficacy prediction of study 75% from KKM 62,50. End result of this research can be concluded that usage of Visual Audio media assist physic appliance at the items study of change of influence and environment of in the reality can improve result learn class student of IV MI Arrayyan town of Tarakan. Keywords: Result Learn, Visual Audio Media