
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode CTL Berbantuan Media Gambar Siswa Kelas IV SDK Tunas Kasih Tarakan
Pengarang : Sakti Halang Setyawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran IPS dengan menggunakan metode konvensional menjadikan siswa sebagai subjek belajar yang pasif karena hanya melihat, mendengar dan mencatat, hal itu menyebabkan nilai yang dicapai siswa masih dibawah kriteria yang ditentukan (SKM), maka dalam penelitian ini digunakan metode CTL berbantuan media gambar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode CTL berbantuan media gambar. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDK Tunas Kasih Tarakan yang berjumlah 28 siswa. Peneliti menggunakan standar ketuntasan belajar yaitu 75% dari jumlah siswa mencapai SKM yaitu 68.
Dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan metode CTL berbantuan media gambar menjadi efektif dengan lebih banyak memberikan bimbingan pada siswa. Hasil yang diperoleh meningkat dari pre-tes, siklus I dan siklus II. Rata-rata nilai pada pre-tes adalah 64,6, siklus 1 mencapai rata-rat 70 dan siklus ke-2 meningkat menjadi 74,8. Pada siklus I siswa yang tuntas hamya 10 siswa atau 35% dan meningkat pada siklus II yaitu 21 siswa tuntas atau 75% siswa sdh mencapai SKM. Minat yang ditunjukkan siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode CTL berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDK Tunas Kasih Tarakan.
Kata Kunci: Metode CTL, Media Gambar, Hasil Belajar
The learning of Social Science by using conventional method made students as a passive learner subject because the students only watch, hear, and noted, this activity caused the students’ achievement under the minimal score which they need to achieve. This research used CTL method with visual media to solve this problem. This research has a purpose to increase the students’ achievement in Social Science subject by using CTL method with visual media. The subject of this research is the grade IV students in Tunas Kasih Elementary School Tarakan which has 28 students. The researcher used the minimal score that is 75% from the total students who achieved the minimal score which is 68. This research concludes that the Social Science learning process by using CTL with visual media become effective by giving more guidance to the students. The score which is achieved was increasing from the pre-test, first cycle, and second cycle. The average score from the pretest was increased by 64,6, the average from the first cycle was increased by 70, and the average from the second cycle was increased by 74,8. In the first cycle the students who achieved the minimal score were only 10 students or 35% and in the second cycle it was increased into 21 students or 75% which achieved the minimal score. The interest which showed by the students also was increased in each cycle. The conclusion from this research is the using of CTL method with visual media is able to increase the students’ achievement in Social Science in grade IV students’ Tunas Kasih Elementary School Tarakan. Keywords: CTL Method, Visual Media, Students’ Achievement