
Problematika Moralitas Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Di SDN 029 Tarakan
Pengarang : Noor Indah Pratiwi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk indonesia kurang lebih 2 tahun menyebabkan perubahan terkhusus perubahan dalam dunia pednidikan. Pendidikan yang selama ini berjalan seketika mengalami peralihan ke ranah digital (online). Pembelajaran online yang dilakukan tentunya memberikan berbagai dampak salah satunya dampak negatif yaitu menurunnya moral yang terjadi dikalangan siswa saat ini sangat memperihatinkan dikarnakan pengaruh media sosial yang biasa siswa lihat selama penggunaan handphone pada saat pembelajaran online, Di kelas VC SDN 029 Tarakan terdapat fenomena problematika moral dimana siswa melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang seperti berbicara dengan bahasa yang tidak baik dan lain-lain. Penelitian ini berfokus pada mendeskripsikan problematika moralitas siswa pasca pandemi covid-19. Dengan tujuan untuk mengetahui problematika moralitas siswa yang terjadi di lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara da dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VC di SDN 029 tarakan telah mengalami problematika moral, penurunan moral yang sering terjadi adalah penggunaan bahasa yang tidak baik, kekerasan atau perkelahian dan tindak kecurangan.
Kata Kunci: Problematika Moralitas, Pasca Pandemi Covid-19, Siswa
The Covid-19 pandemic hitting the world for two years, including indonesia, has changed education. The face-to-face classroom was immediately switched to pnline learning. This online learning leads to negative impacts, including decreasing student morale. This condition is influenced by social media that students usually see while using mobile phones during online learning. A phonemenon of the moral issue has been found in the fifth grade C of SDN 029 Tarakan, where studendt perform deviant actions such as speaking in foul language. This research focused on describing students’ morality issues post the Covid-19 pandemic to find out students’ morality issuesthat occur in the school environment. This research is descriptive qualitative research. Data collection techniques were observation, interviews and documentation using qualitative data analysis techniques through data reduction, data presentation, and conclusion. The research showed that fifth graders C at SDN 029 Tarakan prossess moral problems.the most commod moral isthe use of foul language, fights, and cheating. Keyword: Morality Issues, Post-Covid,-19 Pandemic, Students