
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Perubahan Lingkungan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Map Di Kelas IV-C SDN 028 Tarakan
Pengarang : Riscka Listhiany - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu berupa sebuah tindakan yang sengaja dilakukan untuk memperbaiki proses belajar didalam kelas. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan lingkungan melalui model pembelajaran Mind Map di kelas IV- C SDN 028 Tarakan semester 2 Tahun Pelajaran 2011-2012.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua alur siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat kali pertemuan (8x35 menit) jam pelajaran, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan dari hasil kegiatan tes (ulangan harian) dan kegiatan non tes (lembar pengamatan) mengenai aktivitas kegiatan belajar siswa, selanjutnya hasil analisis data yang diperoleh kemudian ditunjukkan dalam bentuk persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar belajar yang dicapai oleh siswa.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan hanya mencapai 60%, sedangkan pada siklus I naik menjadi 66,55% selanjutnya pada siklus II semakin meningkat menjadi 82,16%. Jadi, dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Map dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan lingkungan melalui model pembelajaran Mind Map di kelas IV- C SDN 028 Tarakan semester 2 Tahun Pelajaran 2011-2012.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Perubahan Lingkungan, Metode Pembelajaran Mind Map
This study is a type of Classroom Action Research (PTK) that is, a deliberate action to improve learning in the classroom. The research goal is to improve learning outcomes in the materials science of environmental change through learning models Mind Map in class IV-C SDN 028 Tarakan semester 2 Year Study 2011-2012. The research was carried out using two flow cycles, each cycle consisting of four sessions (8x35 minutes) hours of lessons, while the techniques of data collection in this study were obtained based on the results of the tests (test day) and non-test activities (observation sheets) about the activities of student learning activities, further analysis of the data obtained and shown as a percentage increase in the thoroughness of learning learning outcomes achieved by students. The analysis showed that the thoroughness of student learning outcomes prior to the action carried out only reached 53.00%, while on a cycle I rose to 66.55% in cycle II further increased to 82.16%. Thus, by using the Mind Map learning methods successfully improve learning outcomes expressed in the material science of environmental change through learning models Mind Map in class IV-C SDN 028 Tarakan semester 2 Year Study 2011-2012. Keywords: Learning Outcomes, Environment, Mind Map Learning Method