
Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas VA Memahami Kata Ulang Dalam Mengarang Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di SD Frater Don Bosco Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012
Pengarang : Rofinus Lama Hoda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Rumusam masalah penelitian ini, yaitu bagaimana cara guru meningkatkan kemampuan mengarang siswa kelas V SD Frater Don Bosco Tarakan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru meningkatkan kemampuan mengarang dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning atau CTL)
Skripsi ini merupakan kemampuan akademis untuk meningkatkan cara siswa menulis karangan atau mengarang dengan pendekatan CTL. Dengan keadaan alam nyata siswa dapat mengarang dengan baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat menulis karangan atau mengarang pada siswa kelas V SD Frater Don Bosco Tarakan sangat rendah sekali, namun dengan adanya pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual minat siswa dapat terangkat dan dapat menulis karangan atau mengarang, walaupun belum maksimal atau belum memuaskan.
Kata Kunci: Mengarang, Kelas V Sekolah Dasar
The teacher increasing the students skill in composing a text at fifth grade students of SD Frater Don Bosco Tarakan. This research is aimed to get information how the teacher increasing the students composing a text by using Contextual Teaching and Learning (CTL) is. This thesis is an academic ability to increase the students skill in writing and composing a text by using CTL. With the real experience the students could compose and write text well. The research result shows that the students’ interest in writing and composing a text of the fifth-grade students of SD Frater Don Bosco Tarakan is low, but by using CTL the students’ interest could be increased and they could write and compose a text even though it was not satisfying enough. Keywords: Composing, Grade Five Elementary School