
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Siswa Kelas V-A SDN 028 Tarakan
Pengarang : Ririn Afriantini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada pokok bahasan Pencernaan Makanan Pada Manusia.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V-A SDN 028 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang mana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dimana tiap pertemuan masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 31,3% dari kriteria ketuntasan minimum (70). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap sampai 65,52% dan 86,21% masing-masing siklus.
Dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V-A SDN 028 Tarakan.
The objective of this research was to improve the students’ science learning achievement and food digestive system of human by using cooperative learning method type picture and picture. This research employed classroom action research which was applied in class V-A SDN 028 Tarakan. This research implemented in two cycles in which each cycle consisted of two meeting where each meeting had four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The data were collected using three kinds of instrument. They were (1) achievement test which was consisted of 20 multiple choice items, (2) teacher’s observation sheet, and (3) students’ observation sheet. Then, the data were analyzed quantitively and qualitatively. The result of this research showed that there was an improvement on students’ learning achievement. It can be seen from each cycle that the students’ learning achievement before action was classically reached only 31,3% from the minimum passing grade (70). After being treated in cycle I and cycle II, the learning achievement improved gradually to 65,52% and 86,21% respectively. It can be said that this research was successful. It can be concluded that the use of cooperative learning method type picture and picture could improve the students’ science learning achievement at class V-A SDN 028 Tarakan.