
The Effect Of Mind Mapping On Writing Recount Text Of Eighth-Graders Of SMPN 1 Sebatik Utara
Pengarang : Lestariani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestasikan dampak penggunaan teknik mind mapping terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sebatik Utara pada jenis teks recount. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eskperimen. Bentuk desain yang dipilih dalam penelitian ini adalah non-equivalent group, yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas eksperimen dengan jumlah 18 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 18 siswa yang di ambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes tertulis yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan. siswa diberikan perlakuan sebanyak 4 kali pertemuan. Dalam tahap analisis data penelitian ini, digunakan metode independent sample t-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan skor rata-rata pada kelas eksperimen meningkat sebesar 29.05, sedangkan pada kelas kontrol hanya meningkat sebesar 02.59. Hasil dari perhitungan independent sample T-test menunjukkan bahwa t-test (4.692) lebih tinggi daripada t-table (2.042). Maka disimpulkan bahwa teknik mind mapping terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sebatik Utara pada jenis teks recount.
Kata kunci: Teknik Mind mapping, Kemampuan Menulis Siswa, Recount Teks
This study investigated the impact of mind mapping techniques on the Eighth graders' recount text writing skills of SMP Negeri 1 Sebatik Utara. This research is quasi-experimental. The form of design chosen in this study was a no -equivalent group, which became the sample of this experimental class with 18 students and a control class with 18 students who were taken using a purposive sampling technique. The research instrument was a written test given at the beginning and end of the treatment. Students wede given intervention for 4 meetings. In the data analysis, the independent sample t-test method was used. This study finding described that the average score in the experimental class significantly increased by 29.05, while in the control class, only 02.59. The independent sample T-ter showed that the t-test (4,692) is higher than the t-table (2,042). It indicated that the mind mapping technique effectively improves the eighth graders' recount text writing skills of SMP Negeri 1 Sebatik Utara Keywords: Mind Mapping, Students' Writing Skills, Recount Text