
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPK Frater Don Bosco Tarakan
Pengarang : Mariana Siregar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari minat belajar siswa, (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) interaksi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan program penelitian rancangan faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPK Frater Don Bosco Tarakan. Sumber sampel penelitian ini adalah menggunakan sample random sampling. Oleh karena itu kelas yang digunakan adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan soal uraian pada kelas eksperimen dengan rata-rata 75,00 dan kelas kontrol dengan rata-rata 60,68 serta mengukur minat belajar siswa dengan memberikan angket minat belajar. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf singnifikansi 5%. Hasil hipotesis pertama menunjukkan bahwa nilai f_hitung adalah 7,30 lebih besar dari nilai f_tabel yaitu 4,25 berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan hipotesis kedua menunjukkan bahwa nilai f_hitung adalah 6,01 lebih besar dari nilai f_tabel yaitu 3,42 berarti ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis terakhir menunjukkan bahwa nilai f_hitung adalah 3,51 lebih besar dari f_tabel yaitu 3,42 berarti terdpat interaksi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Group Investigation (GI), Minat, Hasil Belajar
This study aimed to examine (1) the effect of the cooperative learning model in the type of group investigation (GI) on students' mathematics learning outcomes in terms of students' learning interest, (2) the effect of learning interest on student mathematics leaming outcomes, (3) the interaction of cooperative learning model in the type of group investigation (GI) and leaming interest on students mathematics learning outcomes. This type of research is guasi-experimental with a 2x3 factorial research design. The population was all students of class VIII SMPK. Frater Don Bosco Tarakan. The sample for this study was selected using saturated sampling because there were only two (2) classes, namely class VIII1 and VIII2 with class VIII1 as the experimental class and class VIII2 as the control class. Data collection on student learning outcomes was carried out by using tests in the form of description guestions and interest guestionnaires. Hypothesis testing used a two-way ANAVA with a significance level of 529. The results showed that: (1) There was an influence of the cooperative learning model in the type of group investigation (GI) on students' mathematics learning outcomes with an f-count value of 7.30 greater than the f-table value of 4.25, (2) There was an influence of learning interest on learning outcomes students' mathematics with a value of f-count is 6.01 greater than the value of f-table which is 3.42, (3) There was an interaction between the cooperative learning model in the type of group investigation (GI) and learning interest in students mathematics learning outcomes with a value of f-count is 3.51 more the size of f-table is 3.42. Keywords: Group Investigation (GI), Learning Outcomes, Interest