
Kesantunan Berbahasa Siswa SMP Muhammadiyah 1 Tarakan (Kajian Pragmatik)
Pengarang : Ahmad Taufiq - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni pertama, untuk mendeskripsikan bentuk tindakan yang mengancam muka negatif dan positif lawan tutur, kedua untuk mendeskripsikan strategi kesantunan yang digunakan siswa SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitiannya yakni tuturan siswa dengan berbagai lawan tuturnya di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Data diperoleh dengan menggunakan teknik simak bebas libat cakap, rekam dan catat. Penentuan data dalam tuturan siswa, berdasarkan pada konteks tuturan yang mengancam muka negatif dan muka positif lawan tutur serta strategi kesantunan yang digunakan siswa SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Hasil penelitian ditemukan 40 data keseluruhan tindakan yang mengancam muka. Tindakan mengancam muka negatif lawan tutur terdapat 5 tindakan dan jumlah 23 data dengan rincian tindakan bertanya 10 data, tindakan memerintah 5 data, tindakan pujian 1 data, tindakan mengingatkan 3 data, dan tindakan marah 3 data. Tindakan mengancam muka positif lawan tutur 4 tindakan dan jumlah 17 data dengan rincian, tindakan keluhan 5 data, tindakan merendahkan 5 data, tindakan pertentangan 3 data, dan tindakan menuduh 4 data. Berdasarkan hasil yang ditemukan, tindakan bertanya yang sering dituturkan siswa dengan 10 data, hal tersebut karena siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan dalam lingkungan sekolah interaksi antara siswa dengan guru yang tidak dapat dipisahkan, mengharuskan siswa untuk lebih aktif bertanya kepada guru. Oleh karena itu, siswa mengungkapkan tindakan bertanya lebih banyak dari tindakan lainnya.
Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa dan Pragmatik.
The purpose of this research is, firstly, to describe the form of action that threatens the negative and positive faces of the interlocutor. Secondly, to describe the politeness strategies used by students of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. This research was qualitative. The research data was students' speeches with various interlocutors at SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. The data were obtained by the technique of listening freely and involving speaking, recording, and taking notes. The determination of the data in student speech is based on the context of speech that threatens the negative and positive face of the interlocutor as well as the politeness strategies used by students of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. The results of the study found 40 data on all face-threatening actions. There were five (5) actions to threaten the negative face of the interlocutor and a total of 23 data with details of 10 data for asking, 5 data for commanding, one (1) compliment, 3 reminding actions, and three (3) angry actions. The act of threatening the positive face of the interlocutor is four (4) actions and a total of 17 data with details, the act of complaining is 5 data, the act of condescending 5 data, the act of contradicting 3 data, and the act of accusing 4 data. Based on the results found. the act of asking questions that students often utter with 10 data, was because the students had a high curiosity, and in the school environment, the interaction process between students and teachers could not be separated, requiring students to be more active in asking questions to the teacher. Therefore, students express the act of asking more than other actions. Keywords: Politeness and Pragmatics