Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Film Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bunyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Film Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bunyu

Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Film Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bunyu

Pengarang : Eko Riza Agustian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian tindak kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa dengan menggunakan media film di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Bunyu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Bunyu yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, dan lembar pengamatan kognitif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media film mampu meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Bunyu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, aktivitas siswa diperoleh ketuntasan 78%, dan pada aspek kognitif diperoleh ketuntasan 58%. Kemudian, pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 92%, dan aspek kognitif meningkat menjadi 87%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media film mampu meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Bunyu.

Kata Kunci: Kemampuan menulis, Naskah drama, Media film.

This classroom action research aimed to improve students’ ability to write drama scripts by using movie media in class VIII-B SMP Negeri 2 Bunyu. This type of research was classroom action research (CAR). This research was carried out in 2 cycles through 4 stages namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were students of class VIII-B SMP Negeri 2 Bunyu totaling 30 people consisting of 17 male students and 14 female students. The instruments used in this study were students’ activity sheets and cognitive observation sheets. The results of this study showed that movie media was able to improve the ability to write drama scripts in students in class VIII-B SMP Negeri 2 Bunyu. This could be seen from the student learning outcomes obtained in each cycle. In cycle I, student activity obtained 78% completeness, and in the cognitive aspect obtained 58% completeness. Then, in cycle II, student activity increased to 92%, and cognitive aspects increased to 87%. Thus, it was concluded that the application of film media could improve the ability to write drama scripts for students in class VIII-B SMP Negeri 2 Bunyu. Keywords: Writing ability, drama script, movie media

Detail Informasi