
Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Rumput Laut Di Kecamatan Nunukan Selatan
Pengarang : Mohammad Hidayat - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan home industri yang ada di Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Responden dalam penelitian ini sebanyak 88 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini faktor internal meliputi kekuatan ketersediaan tenaga kerja (SDM) dan faktor kelemahan yaitu mudah terserang hama sedangngkan faktor eksternal meliputi peluang yaitu permintaan yang tinggi dari konsumen dan ancaman yaitu cuaca yang berubah-ubah. Alternatif strategi pengembangan usaha home industri rumput laut meningkatkan jumlah produksi dan memperluas lahan pertanian. Strategi yang paling berpengaruh diambil dari strategi S-O antaralain (i) memanfaatkan area budidaya yang tersedia untuk dijadikan budidaya rumput laut., (ii) menciptakan ide-ide baru dalam proses pengembangan rumput laut., (iii) menciptakan peluang dengan adanya dukungan dari pemerintah untuk dapat membangun fasilitas yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas rumput laut dan (iv) memanfaatkan SDM dalam peningkatan produk unggulan.
Kata Kunci: Strategi, Usaha Home Industri, Faktor Internal, Eksternal, SWOT
The purpose of this study was to determine the strategy for developing home industries in Nunukan Selatan District, Nunukan Regency. The data collection technique was carried out by means of purposive sampling, namely the technique of determining the sample with certain considerations. Samples in this study were 88 respondents. Descriptive analysis and SWOT analysis were used to analyze the data. According to the study's findings, internal factors included the HR's strength in labor availability and weaknesses in pest susceptibility, whereas external elements included consumer demand opportunities and weather change dangers. An alternative strategy for developing a seaweed home business was to increase the amount of production and expand agricultural land. The most influential strategies taken from the S-O strategy included (i) utilizing available cultivation areas for seaweed cultivation, (ii) creating new ideas in the seaweed development process, (iii) creating opportunities with government support to build facilities to increase the production and quality of seaweed and (iv) utilize human resources in improving superior products. Keywords: Strategy, Home Industry Business, Internal, External Factors, SWOT