Pengaruh Model Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Kelas XII SMA Hang Tuah Tarakan Dalam Belajar Matematika | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Kelas XII SMA Hang Tuah Tarakan Dalam Belajar Matematika

Pengaruh Model Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Kelas XII SMA Hang Tuah Tarakan Dalam Belajar Matematika

Pengarang : Matius Paulus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi exsperiment design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group design. Variabel bebas penelitian ini adalah model accelerated learning dan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan penalaran adaptif siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu kelas XII IIS-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IIS-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial untuk menganalisis data akhir dengan menggunakan bantuan software SPSS 24.0 for windows. Hasil dari analisis deskripstif diperoleh bahwa rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 68,93 sedangkan kelas kontrol sebesar 53,57 dan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Adapun dari hasil uji independent samples t-test dengan taraf signitifikan 5% (α=0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000 dan t_hitung>t_tabel yaitu 8,235>2,056. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model accelerated learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa.

Kata Kunci: Accelerated Learning, Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa

This research used quasi experiment design with posttest-only control group design. The independent variable of this research was accelerated learning model and the dependent variable was students' adaptive reasoning ability. The sampling technique in this study was class XII IIS-1 as the experimental class and class XII IIS-3 as the control class. The data collection technique was written tests and documentation. This research utilized descriptive and inferential analysis to analyze the final data using the software of SPSS 24.0 for windows software. The results of descriptive analysis obtained that the average posttest score in the experimentalclass was 68.93 while the control class was 53.57. Thus, it is shown that the average score of the experimental class was greater than the control class. Then, the results of the independent samples t-test with a significance level of 5% (a = 0.05) showed that the p-value was 0.000 and tcount> ttable or 8.235> 2.056. Overall, H, was rejected and H₁ was accepted. So, it can be concluded that the accelerated learning model affects students' adaptive reasoning skills. Keywords: Accelerated Learning, Students' Adaptive Reasoning Ability

Detail Informasi