
Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Ribuan Menggunakan Alat Peraga Kartu Bilangan Pada Pelajaran Matematika Kelas IV-C SDN 041 Tarakan
Pengarang : Rina Narulita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi bilangan ribuan pada subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kelas IV-C SDN 041 Tarakan. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus , masing-masing terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aspek afektif siswa, dan lembar pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Dari hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu 68,10 mengalami peningkatan menjadi 75,13 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 59% meningkat menjadi 78% pada siklus II.
Kesimpulan PTK ini adalah penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika di kelas IV-C SDN 041 dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Hasil belajar, Matematika, Alat Peraga
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve The Students’ Mathematic Achievement on Thousand Numbering Through Flash Card at Fourth Grade Students in SD Negeri 041 Tarakan. The research was done from 18 July to 12 September 2012 in odd semester 2011/2012. This research was done into some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research instruments in this action research were test, observation sheet, students’ scoring sheet and observation sheet. Based on the result of study in first cycle the number of percentage was 59% and the second cycle was 78 %. While, the students’ score average on the first circle was 68.10 and the second cycle was 75.13. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Flash card can Improve The Students’ Mathematic Achievement on Thousand Numbering Through at Fourth Grade Students in SD Negeri 041 Tarakan. Keywords: Flash Card, Students’ Achievement