Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pernapasan Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V-B SDN 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pernapasan Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V-B SDN 006 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pernapasan Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V-B SDN 006 Tarakan

Pengarang : Riki Duwi Keristian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pernapasan Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V-B SDN 006 Tarakan. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 30 Juni - 30 Agustus 2012. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-B SDN 006 Tarakan dengan jumlah 33 siswa, dengan rincian 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan model pembelajaran NHT.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 60,60% dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 81,81%.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Alat Pernapasan Manusia

This research aims to improve Science learning outcomes of Human Respiratory Material by using Learning Model Numbered Heads Together (NHT) V-B Grade Students of SDN 006 Tarakan. This research was conducted from 30 June - 30 August 2012. The subject of this research is 33 students of class V-B SDN 006 Tarakan, with details of 17 male students and 16 female students. This research was conducted by 2 cycles, each consisting of four stages: Planning Action, Observation, and Reflection. The Learning Model used is a learning model NHT. Research that has been done shows that an increase in student learning outcomes. This can be seen from the results of student learning in the first cycle mastery learning classical and 60.60% in the second cycle mastery learning classical 81.81%. Action research conclusions are NHT Learning Model can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Learning Models Numbered Heads Together (NHT), Human Respiratory Apparatus

Detail Informasi