
Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IA Di SDN 013 Tarakan
Pengarang : Ratna - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca permulaan melalui gambar di kelas IA SDN 013 Tarakan. Dengan menggunakan gambar, kartu kata dan kartu kalimat pada standar kompetensi membaca suku kata, kata dan kalimat dengan suara nyaring dengan pengucapan dan intoasi yang tepat.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilakukan di semester pertama tahunpelajara 2011/2012 pada siswa kelas IA SDN 013 Tarakan. Penelitan ini dilakukan dalam dua siklus diman setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrument penelitian memperoleh data: (1) lembar observasi untuk aktivitas guru, (2) lembar observasi untuk aktivitas siswa dan (3) kinerja siswa dalam membaca dengan suara keras.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata hanya 56.43 dan setelah diberi tindakan pada siklus I nilai rata-rata menigkat menjadi 64.46 dan pada siklus II 80.71. kesimpulan yang diperolehdalam penelitian ini adalah media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas IA di SDN 013 Tarakan.
The objective of this research was to increase the students Skills in the first reading through pictures at class IA of SDN 013 Tarakan. The pictures were in word cards and sentence cards on the standard of competition reads loud syllables, words and sentences with proper pronunciation and intonation. This research employed Classroom Action Research (CAR) which was carried out in the first semester, in ocademic year 2011/2012 at class IA students of SDN 013 Tarakan.This study was conducted in two cycles where each cycle consisted of 2 meetings. The research instruments to abtain the data: (1) observation sheet for teacher activity, (2) observation sheet for students avtivity and (3) student performance in reading aloud. The results showed that an increase in students’ reading skills. It can be seen from the results obtained in each cycle, before being given the average value measures only 56.43 and after being given the action in the first cycle the average value increased to 64.46 on the second cycle to 80.71. Conclusions obtained in this study is drawing media can improve their reading skills in the first of class IA student at SDN 013 Tarakan.