
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Unsur Cerita Pendek Melalui Model Pembelajaran Role Playing Di SD Negeri Utama 2 Tarakan
Pengarang : Rahwaniah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus, siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam satu kali tatap muka. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Utama 2 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang terdiri atas 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes tertulis dan non tes (lembar observasi siswa dan guru). Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif (sederhana) yaitu teknik prosentase dan dihubungkan dengan standar atau kriteria yang telah ditetapkan.
Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Utama 2 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012 untuk keaktifan siswa saat mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran terjadi peningkatan yang semula pada akhir siklus I keaktifan siswa hanya 18 orang siswa atau 60 %, ternyata pada akhir siklus II keaktifan siswa yang aktif 20 orang siswa kelas V-4 atau 66,67 %. Keaktifan siswa memperhatikan penjelasan guru semula pada akhir siklus I hanya 15 atau 50% orang siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 20 orang siswa atau 66,67 %. Siswa hadir untuk tetap semangat sebanyak 30 orang siswa tetap sama baik pada siklus I maupun pada siklus II yaitu 100 %. Aktif mampu menceritakan kembali isi cerita pendek dengan bahasanya sendiri pada akhir siklus I sebanyak 20 siswa atau 66,67% dan pada akhir siklus II menjadi 25 siswa atau 83,33%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia pada akhir siklus I 67,33 dan siklus II 79,36.
Tidak Tersedia Deskripsi