
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Daur Hidup Hewan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Observasi Langsung Siswa Kelas IV-B SDN 003 Tarakan
Pengarang : Pipit Sandra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Daur Hidup Hewan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Observasi Langsung Siswa Kelas IV-B SDN 003 Tarakan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV-B SDN 003 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya 50% dari Kriteria Ketuntasan Minimum (68). Dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 73,3%, pada siklus II meningkat menjadi 83,3%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif melalui observasi langsung Siswa Kelas IV-B SDN 003 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daur hidup hewan.
The objective of this research was to improv the students’ science learning achievement on animal life recycle using cooperative learning model through direct observation at class IV-B SDN 003 Tarakan. This research used Classroom Action Research which was implemented at class IV-B with 30 students’ of SDN 003 Tarakan. This research accomplishes in two cycles in which each cycle consisted of two meetings where each meeting had four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The data were collected using three kinds of instrument. They were (1) achievement test which was consisted of 10 multiple choice items, (2) teacher’s observation sheet, and (3) student’s observation sheet. Then, the data were analyzed quantitively and qualitatively. The result of the research showed that there was an improvement on students’ learning achievement. It can be seen from each cycle that the student’s learning achievement before action was classically reached only 50% from the minimum passing grade (68). After being treated in cycle I and cycle II, the learning achievement improved gradually to 73,3% and 83,3% respectively. It can be said that this research was successful. It can be concluded that the use of cooperative learning model through direct observation could improve the students’ science learning achievement on animal life recycle at class IV-B of SDN 003 Tarakan.