Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Di Kelas IV-A SDN 030 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Examples Non Examples Di Kelas IV-A SDN 030 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Di Kelas IV-A SDN 030 Tarakan

Pengarang : Omi Rante Ta’dung - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan daerah dengan subjek penelitian tindakan kelas (PTK) siswa kelas IV-A SDN 030 tarakan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini di laksanakan dalam 2 siklus, masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi, wawancara dan observasi Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes.
Hasil belajar PKn pada tes awal sebelum siklus diperoleh rata-rata 59,17 dengan ketuntasan belajar 52%, pada siklus I rata-rata yang di peroleh 63,48 dengan ketuntasan belajar klasikal 43.48% dan pada siklus II terjadi penigkatan hasil belajar dengan rata-rata 79,13 dengan ketuntasan belajar klasikal 91,30%. Kesimpulan PTK ini adalah penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN 030 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Examples Non Examples

This study aims to improve learning outcomes Civics on the material to the subject of the local government system of classroom action research (CAR) grade IV-A SDN 030 Tarakan. Classroom Action Research (CAR) is carried on in 2 cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection, interview and observation data collection technique used was a test. Civics learning outcomes at the beginning of the test cycle before gained an average of 59.17 with 52% mastery learning, in the first cycle an average of 63.48 was obtained with mastery learning classical and 43.48% in the second cycle occurs improve learning outcomes with average 79.13 average with 91.30% mastery learning classical. Conclusion PTK is the use of Examples Non Examples of learning model to improve student learning outcomes grade IV-A SDN 030 Tarakan. Keywords: Learning Outcomes, Learning Model Examples Non Examples

Detail Informasi