
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Energi Dan Penggunaannya) Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV/2 SDN 020 Sebengkok Tarakan
Pengarang : Oktaveriani Adjan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas IV/2 SDN 020 Sebengkok Tarakan dengan menggunakan metode eksperimen.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus.
Kesimpulan hasil analisis data belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 67,5 dengan ketuntasan klasikal 75% dan pada siklus II sebesar 77,7 ketuntasan klasikal 73,75%. Kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas IV/2 SDN 020 Sebengkok Tarakan meningkat dengan menggunakan metode eksperimen.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, IPA
This research aims to improve the learning outcomes of student in grates IPA IV/2 SDN 020 Sebengkok Tarakan using experimental Methods. Action Research (PTK) carried out by the teacher to solve learning problems faced by teachers and to improve learning outcomes. The research design consists of planning, implementation, observation and reflection. Research executed two cycles. Conclusion of the data analysis of student learning has increased from cycles 1 average value was 67,5 with 75% classical completeness and on cycle II was 77,7 classical completeness 73,75%. Conclusion that the learning outcomes of students grade IV/2 020 SDN Sebengkok Tarakan increased by using experiments. Keywords: Learning Outcomes, the Experimental Method, IPA