
Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Cepat Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas V SD Al-Irsyad Tarakan
Pengarang : Nurmala Yeni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar membaca cepat melalui metode contextual teaching and learning (CTL) siswa kelas V SD Al-Irsyad Tarakan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas V SD Al-Irsyad Tarakan.
Pada penelitian ini pengumpulan data diperoleh hasil dari siklus I sebanyak 10 siswa membaca dengan cepat dan pada siklus II sebanyak 20 siswa yang dapat membaca dengan cepat dari total 30 siswa SD Al-Irsyad. Hal ini membuktikan terjadi peningkatan belajar membaca cepat dengan menggunakan metode contextual teaching and learning.
Hasil analisis penelitian menunjukkan peningkatan yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 66,67% dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil obsevasi tersebut ketuntasan belajar siswa dinyatakan berhasil karena sudah melebihi dari indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu sebesar 70%.
The purpose of this research is to improve the learning outcomes of a quick read through the method of contextual teaching and learning (CTL) fifth grade elementary school students of Al-Irsyad Tarakan. In this study, the method used is the method of contextual teaching and learning (CTL) in class V SD Al-Irsyad Tarakan. In this research, data collection obtained results from the first cycle as many as 10 students read quickly and in the second cycle as many as 20 students can read quickly from a total of 30 elementary school students of Al-Irsyad. This proves an increase in learning to read faster using contextual teaching and learning methods. The results of the analysis showed that the increase can be seen from the results observed in the first cycle reaches an average of 66.67% and the second cycle reaches an average of 93.33%. Based on the observation the students declared successful mastery learning because it exceeds a predetermined indicator of success, which is 70%.