Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas V-3 SD Negeri Utama 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas V-3 SD Negeri Utama 2 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas V-3 SD Negeri Utama 2 Tarakan

Pengarang : Nurlia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Media gambar adalah media yang paling mudah ditemukan dan menarik bagi anak-anak. Dalam penelitian ini media tersebut digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian adalah siswa kelas V-3 SDN Utama 2 Tarakan. Penelitian ini berlangsung kurang lebih 2 minggu pada proses belajar mengajar di semester II. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan. Penelitian ini menggunakan lembar kerja siswa sebagai instrumen penelitian dan hasilnya dideskripsikan secara kualitatif.
Setelah diadakan tindakan dalam 2 siklus, hasil tes dianalisis dan hasilnya kemampuan siswa mengalami peningkatan. Hasil pra siklus menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 72,9 dengan ketuntasan 44,8%, pada siklus I mencapai 77,4 dengan ketuntasan 72,5% dan siklus II menjadi 85,5 dengan ketuntasan 100%.

Kata Kunci: Writing Karangan dan Media Gambar

Picture Media is an easy and interting media for children. The media is used to increase students' ability in writing feature. This thesis uses Action Research (PTK) and the students of grade 5th-3 in SDN Utama 2 Tarakan as a research object. It is done about 2 weeks at teaching learning process in the 2nd semester. The purpose of this thesis is, to know if picture media could enhance students’ ability in writing feature. This thesis uses students’ worksheet as a research instrument and the result describes qualitatively. The result of the 5th-3 grade students are increasing, after the action in 2 cycles. The result of pre cycle shows that the average score is 72,9 with competency grade 44,8% in the 2nd cycle is 77,4 with competency grade 72,5% and the 3rd cycle is 85,5 with competency grade 100%. Keywords: Writing Feature and Picture Media

Detail Informasi