
Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Tema Kegiatan Sehari-Hari Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas II SD Negeri 045 Tarakan
Pengarang : Nurlaila - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas II SDN 045 Tarakan dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Februari sampai dengan 20 April 2012 dengan empat kali pertemuan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa Kelas II SDN 045 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa di mana jumlah siswa laki-laki sebanyak 13 orang, dan 22 orang jumlah siswa perempuan. Data dikumpulkan pada setiap siklus melalui observasi proses pembelajaran pada setiap pertemuan dan pemberian tes kompetensi pada setiap akhir siklus.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar siswa mencapai presentase ketuntasan 57,1% yaitu sebanyak 20 orang siswa, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai presentase 91,4% yaitu sebanyak 32 orang siswa. Oleh karena hasil yang dicapai telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kegunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Tematik siswa kelas II SDN 045 Tarakan tahun pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci: Hasil Belajar Tematik, Media Gambar
The aim of this research is to perceive how to increase Thematic learning result in second grade student of SDN 045 Tarakan by using image media. Classroom Action Class as the type of the research. The research was began from February 20 until April 20, 2012 with four meetings in two cycles. Students in second grade of SDN 045 Tarakan year 2011/2012 as a subject which amount 35 students consist 13 boys and 22 girls. Data was collected in each cycle through observation process in each meeting, then giving competency test in the end of each cycle. Based on the result of research that has been implemented in first cycle obtain the percentage value of students learning result achieve 57,1% consist 20 students and the second cycle percentage showed increasing value that is 91,4% consist 32 students, while students learning result in second cycle achieve 91.4% that is 32 students. Because have fulfilled determined indicator, research process discontinued at second cycle. From the research and discussion can conclude that image media able to improve Thematic learning result in second grade students of SDN 045 Tarakan year 2011/2012. Keywords: Thematic Learning Result, Image Media