
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Tema Binatang Menggunakan Media Visual Di TK Negeri Pembina 2 Tarakan
Pengarang : Nur’ Aznah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa TK kelompok B Di TK Negeri Pembina 2 Tarakan setelah diterapkannya media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research),subyek dari penelitian merupakan siswa kelompok B di Tk Negeri Pembina 2 Tarakan sebanyak 24 siswa .Metode pengumpulan data dilakukan 2 tindakan diantaranya observasi dan tes, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi tanya jawab ,penugasan dan lembar pengamatan.
Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus 1 sebesar 35,8 % siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 3,02 dalam kategori sedang .kemudian pada siklus II diperoleh presentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 65,8% dengan rata-rata minimal 4 dengan kategori baik. Dari perolehan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus memudahkan siswa dalam memahami konsep dan membantu generalisasi kemampuan berhitung khususnya pada siswa TK.
Peneliti menyarankan bahwa dalam penggunaan pembelajaran media visual hendaknya guru mampu mencoba sebelum dan ketika pembelajaran dikelas agar dapat mencapai target yang diinginkan sedangkan bagi siswa hendaknya lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran Visual dengan Tema Binatang
The objective of this research is: to improve the student’s learning result by using visual media learning model. This research was conducted in TK Negeri Pembina 2 Tarakan. The subject of this research was group B students of TK Negeri Pembina 2 Tarakan in academic year 2011/2012 consisting of 24 students. The subject was taught by using visual learning model. To measure of the students, test and assignment were distributed. To know the students’ activities in teaching learning process, the observation sheet was employed. This research result showed that by using visual learning model can increase the students’ learning result. This was proven from the result from test, assignment, and students’ observation. From The test result in cycle 1 there were 35,8 % could pass with average score 3,02 in middle category. And in cycle 2 the test result was 65,8 % with average score 4 in good category. From the data analysis, researcher conclude that visual media in learning process can improve students result learning and also to make students easy to understand concept and help generalization account ability for Kinder Garden students. Keywords: Improving Learning Outcomes, Visual Learning, Kindergarten Education