Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas II B SDN 043 Tarakan Dalam Melengkapi Cerita Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas II B SDN 043 Tarakan Dalam Melengkapi Cerita Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri

Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas II B SDN 043 Tarakan Dalam Melengkapi Cerita Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri

Pengarang : Nur Hidayah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pada hakekatnya Bahasa adalah salah satu alat komunikasi, melalui bahasa manusia dapat saling berhubungan, saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, untuk meningkatkan kemampuan intelektual. Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah program untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa dimaksud meliputi keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Kenyataannya, di kelas II B Sekolah Dasar Negeri 043 Tarakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama materi menulis dalam melengkapi cerita sederhana ditemui siswa yang kurang aktif dan kreatif. Siswa hanya mendengarkan guru membacakan sebuah cerita tanpa diberi kesempatan untuk berkreasi membuat cerita sesuai gambar yang disediakan dengan bahasanya sendiri.
Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas II B SDN 043 Tarakan dalam melengkapi cerita sederhana dengan menggunakan media gambar seri.
Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian juga dipaparkan secara kualitatif. Hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa dapat menulis cerita dengan baik dan benar. Pada siklus 1 rata-rata keaktifan siswa 53% dan siklus 2 mencapai 90%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 57,6 dan siklus 2 mencapai 90%.

Kata Kunci: Menulis Cerita, Media Gambar

In effect the language is one of the means of communication, through human language can interact, share experiences, learn from each other, to improve intellectual ability. Competency standards Indonesian Language is a program to develop the knowledge, language skills. Language skills may include speaking skills and writing skills. In fact, in class II B Elementary School 043 Indobesia Tarakan in learning English, especially written material encountered in completing the simple story of students who are less active and creative. Students just listening to the teacher read a story without being given the opportunity to be creative to make a story based on pictures provided with its own language. Based on thats problem, so, the purphoses of this researchers for improve students writing at II B SDN 043 Tarakan in completing a simple story using the pictures. Researchers used a Classroom Action Research to solve these problems by using qualitative analysis. The results were also presented in a qualitative way. The results of the analysis of the data obtained it can be concluded that an increase in the learning by using media images in Indonesian Language, students can write the story properly. In cycle 1 average student activity cycle 53% and 2 to 90%. Mastery learning outcomes of students in cycle 1 and cycle 2 57.6 to 90%. Keywords: Writing Story, Picture Media

Detail Informasi