Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya Dengan Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV-B SDN 033 Tarakan Tahun Pelajaran 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya Dengan Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV-B SDN 033 Tarakan Tahun Pelajaran 2011/2012

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya Dengan Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV-B SDN 033 Tarakan Tahun Pelajaran 2011/2012

Pengarang : Nur - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kontekstual dikelas IV-B SDN 033 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan suatu kegiatan untuk memperbaiki proses belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas secara bersama.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang pembelajarannya dilakukan dengan menggunakan alur dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan dari hasil kegiatan tes (tes tertulis) dan kegiatan non tes (lembar pengamatan) mengenai aktivitas kegiatan belajar siswa, selanjutnya hasil analisis data yang diperoleh kemudian ditunjukkan dalam bentuk persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar.
Dari hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan nilai hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah 51.35%, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 75.00% dan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 84.38%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Gaya, Model Pembelajaran Kontekstual

The purpose of this study to determine the improvement of learning outcomes through contextual learning science class IV-B SDN 033 Tarakan learning in 2011/2012. The research was conducted using Classroom Action Research (CAR), which is an activity to improve the learning process in the form of a deliberate action and occurs in the classroom appear together. This study was conducted for 2 weeks learning is done using two flow cycles, each cycle consisting of 2 meetings, while the data collection techniques in this study were obtained on the basis of the results of the test (written test) and non-test activities (observation checklist) the activities of student learning activities, further analysis of data obtained and given as percentages increased mastery of learning outcomes. From the results of the analysis showed that students' mastery value before the action is executed 51.35%, while in the first cycle and increased to 75.00% over the second cycle increased to 84.38%. Keywords: Learning Outcomes, Science, Style, Contextual Learning Model

Detail Informasi