
Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Pukat Karya Tere Liye Serta Cara Implementasinya Pada Pembelajaran Sastra Di Sekolah
Pengarang : Sutiana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Pukat karya Tere Liye serta cara implementasinya pada pembelajaran sastra di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini ialah kutipan dari kalimat, dialog dan paragraf yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter, sedangkan sumber data dalam penelitian ini ialah novel Pukat Karya Tere Liye, yang diterbitkan di Jakarta, pada tahun 2010 oleh penerbit Republika dengan jumlah halaman 351 halaman dengan ketebalan 20,5 x 13,5 cm. Data diperoleh melalui teknik baca, simak, dan catat. Artinya peneliti membaca teks novel Pukat karya Tere Liye secara keseluruhan dan mencari data yang menunjukan nilai pendidikan karakter, kemudian membuat klasifikasi data berdasarkan indikator yang dibuat. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan cara menginterpretasikan data tersebut kemudian dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Pukat karya Tere Liye dikelompokan menjadi 13 nilai pendidikan karakter diantaranya yakni: Nilai pendidikan karakter religius, nilai pendidikan karakter jujur, nilai pendidikan karakter toleransi, nilai pendidikan karakter disiplin, nilai pendidikan karakter kerja keras, nilai pendidikan karakter kreatif, nilai pendidikan karakter mandiri, nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif, nilai pendidikan karakter gemar membaca, nilai pendidikan karakter peduli lingkungan, nilai pendidikan karakter peduli sosial, dan nilai pendidikan karakter tanggung jawab. Ketiga belas nilai pendidikan karakter tersebut kemudian diinterpretasi dan dideskripsikan cara implementasinya pada pembelajaran sastra di sekolah. Dari 13 nilai pendidikan karakter tersebut, yang lebih dominan yakni nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu dan yang tidak dominan yakni nilai pendidikan karakter peduli lingkungan.
Tidak Tersedia Deskripsi