Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mengarang Deskriptif Dengan Menggunakan Metode Kontekstual Kelas IV DI SD Al-Isyad Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mengarang Deskriptif Dengan Menggunakan Metode Kontekstual Kelas IV DI SD Al-Isyad Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mengarang Deskriptif Dengan Menggunakan Metode Kontekstual Kelas IV DI SD Al-Isyad Tarakan

Pengarang : Mulyani Ningsih - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara konkret penggunaan media konstektual untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengarang deskriptif kelas IV SD Al-Irsyad Tarakan. Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II dengan langkah perencanaan, tindakan, obserfasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Al-Irsyad Tarakan yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian berupa tes mengarang deskriptif .
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode konstektual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, tes awal dan tes akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata 62,2% dan tes akhir siklus II diproleh nilai rata-rata 84,6% lebih besar dari siklus I.

Kata Kunci: Mengarang Deskriptif dengan Media Konstektual

The purpose of this study to determine the concrete use of contextual media to improve learning outcomes of students in fourth grade descriptive writing Al-Irsyad Tarakan. Learning the year 2011/2012. This research is a class act that performed in two cycles, cycles I and II with a step cycle of planning, action and reflection observation. The subject of this study were all fourth grade students of Al-Irsyad Tarakan, amounting to 35 students. Research instrument in the form of descriptive writing tests. The results showed that the contextual methods can improve student learning outcomes, the initial test and final test cycle I obtained average value of 62.2% and the final test cycle II diproleh average value 84.6% greater than the cycle I. Keywords: Descriptive Writing Using the Method of Contextual

Detail Informasi