
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III B Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia Dan IPS) Berbasis TIK Berbantuan Media Pembelajaran LCD Di SDN Utama I Tarakan
Pengarang : Mujiyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia dan IPS) berbasisn TIK Berbantuan Media Pembelajaran LCD ini merupakan salah satu model pembelajaran tematik bernuansa PAIKEM GEMBROT (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot).
Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus, siklus I dilaksanakan dalam dua kali tatap muka, sedangkan siklus II hanya dilaksanakan dalam satu kali tatap muka. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIIB SDN Utama I Tarakan Semester II Tahun Pembelajaran 2010/2011. Yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes ( tertulis dan lisan ) dan non tes ( lembar observasi guru dan siswa ), dan instrumen validasi isi. Hasil penelitian di analisis menggunakan statissic deskriptif ( sederhana ) yaitu teknik presentase dan dihubungkan dengan standar yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik (IPA, Bahasa Indonesia dan IPS) berbasisn TIK Berbantuan Media Pembelajaran LCD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III B SDN Utama I Tarakan pada semester I tahun pembelajaran 2011/2012.
Hasil belajar siswa kelas III B SDN Utama I Tarakan semester I tahun pembelajaran 2011/2012 untuk mata pelajaran gabungan (IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia), IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran tematik berbasisn TIK Berbantuan Media Pembelajaran LCD mengalami peningkatan. Mata pelajaran gabungan meningkat 15,45 % yaitu dari 77,68 % pada siklus I menjadi 93,13 % pada siklus II. Mata Pelajaran IPA meningkat 14,36 % yaitu dari 79,39 % pada siklus I menjadi 93,75 % pada siklus II. Mata pelajaran IPS meningkat 16,13 % yaitu dari 78,09 % pada siklus I menjadi 94,22 % pada siklus II. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia meningkat 11,08 % yaitu dari 80,33 % pada siklus I menjadi 91,41 % pada siklus II.
Kemampuan guru kelas IB SDN Utama I Tarakan Semester II Tahun Pembelajaran 2010/2011 dalam melaksanakan proses pembelajaran tematik (IPA, Bahasa Indonesia dan IPS) berbantuan media pembelajaran TIK meningkat 2,5 % yaitu dari 88,12 % pada siklus I menjadi 95,00 % pada siklus II.
Thematic learning research (Science, Social, and Indonesian) of ICT-assisted learning media is a thematic learning model nuanced PAKEM (active learning, innovative, creative, effective and fun). In the conduct of research was using classroom action research with two cycles, cycle one was held in two meeting and cycle two was held in one meeting. The sample of research are students of grade III B of SDN Utama I Tarakan that is consists of 14 boys and 18 girls. The technique data collecting is by using technique test (written and orally) and non test teachers' observation and students' observation), and content validation. The result of research is connected with the standard minimum which has been fixed. The research result shows that thematic learning (Science, Social, and Indonesian) of ICT-assisted Learning Media is improving students learning result of the first B Grade Students of SDN Utama I Tarakan at the second semester in academic year 2011/2012. The students learning result of the third grade III B student of SDN Utama I Tarakan at the second semester in academic year 2011/2012 for the joined subjects (Science, Social, and Indonesian) which has been taught by using thematic learning model ICT-assisted learning is improving. The joined subject is improving 15,45 % from 77,68 % at the cycle one becomes 93,13 % at the cycle two. Science is improving 14,36 % from 79,39 % at the cycle one becomes 93,75 % at the cycle two. In Social Studies is improving 16,13 % from 78,09 % at the cycle one becomes 94,22 % in the cycle two. In Bahasa Indonesia is improving 11,08 % from 80,33 % at the cycle one becomes 91,41 % in the cycle two. Teachers' skill at the class III B SDN Utama I Tarakan at the second semester in academic year 2010/2011 in thematic learning process (Science, Social, and Indonesian) ICT-assisted learning is improving 2,5 % from 88,12 % at the cycle one becomes 95,00 % at the cycle two.