Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pernapasan Manusia Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas V4 SDN Utama 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pernapasan Manusia Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas V4 SDN Utama 2 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pernapasan Manusia Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas V4 SDN Utama 2 Tarakan

Pengarang : Muhlis Candra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pernapasan manusia dengan subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) siswa kelas V4 SDN Utama 2 Tarakan.
Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus dari 02-13 Agustus semester ganjil 2011/2012. Masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru.
Hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa siklus I mencapai ketuntasan yaitu 63% dari 30 siswa. Sedangkan siklus II meningkat menjadi 80% dari 30 siswa.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples pada pembelajaran IPA pada siswa kelas V4 SDN Utama 2 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Examples Non Examples

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR) consist of two circles. The objective of this research was to improve The Students’ Natural Science Achievement on Human Respiration System Through Example non example model at Fifth Grade Students in SD Negeri Utama 2 Tarakan. The research was done from 02 to 13 August 2012 in odd semester 2011/2012. This research was done into some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research instruments in this action research were test, observation sheet, students’ scoring sheet and observation sheet. Based on the result of study in first cycle the number of percentages was 63% from 30 students and the second cycle was 80 % from 30 students. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Example non example model can improve the students’ Natural Science achievement on human respiration system through Example non example model at fifth grade students in SD Negeri Utama 2 Tarakan. Keywords: Example Non Example, Students’ Achievement

Detail Informasi