Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Keluarga Melalui Media Visual Di Kelas IB SDN 013 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Keluarga Melalui Media Visual Di Kelas IB SDN 013 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Keluarga Melalui Media Visual Di Kelas IB SDN 013 Tarakan

Pengarang : Martha Bu`Tu Palidan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pengurangan secara mendatar dan pengurangan secara menurun dengan menggunakan media visual.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tempat penelitian adalah SDN 013 Kampung Enam Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 29 Maret 2012 di kelas IB semester II SDN 013 Tarakan. Rancangan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.
Instrument penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap prilaku siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata hasil belajar hanya 6,4 dan setelah diberikan tindakan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,3. Setelah dilakukan refleksi siklus I, hasil belajar siklus II mengalami peningkatan menjadi 8,7. Dengan ketuntasan klasikal 90% hingga penelitian dikatakan berhasil.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Visual

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to inprove the students` achievement through visual learning media at first grade students of SD Negeri 013 Tarakan. The research was done from 26 to 29 Maret 2012, the research objects were student of first grade students of SD Negeri 013 Tarakan. The research was done into 2 circles, each circle consists of 2 meetings. The research instruments were observation sheets, and test result. The research result showed that the visual learning media canimprove the students` achievement through visual learning media at first grade students of SD Negeri 013 Tarakan. The score can be seen from first circle before conducting the action, the students score was 6,4 and after conducting the action was 7,3. Meanwhile, for the second circle after conducting the action, the students score was 8,7 with the classical percentage was 90%. Based on the data above, it can be revealed that the visual learning media can improve the students` achievement at first grade students of SD Negeri 013 Tarakan. Keywords: Students` Achievement, Visual Learning Media

Detail Informasi