
Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengenal Huruf A I U E O Siswa Kelas IB SDN 007 Tarakan Melalui Model Pengajaran Langsung Berbantuan Kartu Huruf
Pengarang : Markhamah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengenal huruf a i u e o melalui pembelajaran langsung berbantuan kartu huruf, pada subjek PTK siswa kelas IB SDN 007 Tarakan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini di laksanakan dalam 2 siklus, masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpilan data yang di gunakan dari hasil observasi peneliti menggunakan Lembar kerja siswa. Teknik analisa data yang di gunakan peneliti untuk menentukan ketuntasan belajar secala individual dan ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari hasil yang di peroleh pada setiap siklus. Hasil belajar pada siklus I ketuntasan belajar 60% dan pada siklus II menjadi 94%.
Kesimpulan PTK ini adalah penggunaan metode pembelajaran langsung berbantuan kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 007 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Huruf, Pembelajaran Langsung, Kartu Huruf
This study aims to improve student learning outcomes through learning a i u e o recognize letters aided direct font card, on the subject action reseach (PTK) IB grade students of SDN. 007 Tarakan. Action Research (PTK) is carried out in two cycles, each consisting of four stages : planning, action, observation / observation and reflection. The data collec tion techniques used from the observation of researchers using student worksheet. The data analysis techniques are used by researchers to determine individual ma stery learning and mastery learning in the classical. The results showed that an inc rease results showed that an increase in student learning outcomes. It can be seen f rom the results obtained in each cycle. Results of study on mastery teaching I to b e 60% and cycle II to be 94%. Conclusion This PTK is the use of letters aided direct font card methods to improve learn ing outcomes of students’ grade 1 SDN. 007 Tarakan. Keywords: Learning, Letters, Direct Learning, Letter Flash Cards