
Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Menggunakan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Malinau Selatan Hilir
Pengarang : Septian Ariandi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa pada kelas IX SMPN 1 Malinau Selatan Hilir dan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan metode jarimatika pada kelas IX SMPN 1 Malinau Selatan Hilir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Malinau Selatan Hilir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Malinau Selatan Hilir, yaitu sebanyak 15 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes kemampuan berhitung perkalian. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan pada setiap siklusnya. Penerapan metode jarimatika dalam penelitian ini, yaitu: 1) mengenalkan lambang-lambang metode jarimatika, 2) memperagakan lambang-lambang metode jarimatika, dan 3) mengimplementasikan jarimatika ke dalam contoh soal; 4) memperbanyak contoh soal beserta implementasinya; 5) mengadakan asesmen formatif dengan memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengukur kemampuan berhitung perkalian siswa menggunakan metode jarimatika; 6) menambahkan ketua kelompok disetiap kelompok dengan pemilihan ketua kelompok berdasarkan kriteria mampu menguasai metode jarimatika; 7) mengadakan perlakuan khusus bagi siswa yang belum mampu menguasai jarimatika dengan mendatangi ke tempat duduk siswa untuk membimbing siswa tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa pada kelas IX SMPN 1 Malinau Selatan Hilir. Hal ini dibuktikan jumlah siswa yang memperoleh nilai tes kemampuan berhitung perkalian siswa dengan kategori baik pada siklus I adalah 12 siswa atau 80%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai tes kemampuan berhitung perkalian siswa adalah 14 siswa atau 93,33%.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa, Metode Jarimatika
This research aimed to determine the application of Jarimatika method in improving students' multiplication counting ability in class IX of SMPN 1 Malinau Selatan Hilir and to improve the students' multiplication counting ability using Jarimatika method in class IX of SMPN 1 Malinau Selatan Hilir. This research was a classroom action research which was conducted at SMPN 1 Malinau Selatan Hilir. The subjects of this research were 15 students of class IX of SMPN 1 Malinau Selatan Hilir. The data were collected using an observation sheet for teacher's activity, an observation sheet for students' activity, and a multiplication counting ability test. This research was conducted in 2 cycles which consisted of 4 meetings for each cycle. The application of Jarimatika method was carried out through the stages of (1) introducing the symbols of Jarimatika method, (2) demonstrating the symbols of Jarimatika method, (3) implementing Jarimatika into the sample questions, (4) constructing more sample questions and implementation, (5) conducting a formative assessment by giving questions to students to measure their multiplication ability using Jarimatika method, (6) adding a group leader in each group by selecting a group leader based on criteria of being able to master Jarimatika method, and (7) providing special treatment for students who had not been able to master Jarimatika. The results of this research indicated that using Jarimatika method could improve students' multiplication counting ability in class IX of SMPN 1 Malinau Selatan Hilir. This was evidenced by the number of students (12 students or 80%) who obtained good category from the multiplication counting ability test in cycle I. Then there was an increase in cycle II with the number of students who obtained the multiplication counting ability test becoming 14 students or 93.33%. Keywords: Students' Multiplication Counting Ability Jarimatika Method