
Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Lari Jarak Pendek 100 Meter Menggunakan Media Audio Visual Dengan Bantuan Komputer Di SDN 043 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011-2012
Pengarang : Lukas Maliku - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN 043 Tarakan pada materi lari jarak pendek 100 meter dengan menggunakan media audio visual.
Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan pos tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes unjuk kerja, isian dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan kompetensi dasar yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN 043 Tarakan yang berjumlah 37 siswa.
Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan kemampuan psikomotorik siswa kelas VI SDN 043 Tarakan dalam materi lari jarak pendek 100 meter dengan menggunakan media audio visual dengan bantuan komputer. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu 6.81 pada siklus I, dan 7,64 pada siklus II.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lari jarak pendek 100 meter melalui penggunaan media audio visual dengan bantuan komputer.
Tidak Tersedia Deskripsi