
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran TIK (Powerpoint) Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Di Kelas V SDN 021 Tarakan
Pengarang : Lies - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi materi microsoft powerpoint pada subjek PTK kelas V SDN 021 Tarakan.
Pemecahan rendahnya hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan metode tutor sebaya pada subjek PTK kelas V SDN 021 Tarakan, melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi guru dalam pengelolaan pembelajaran, serta tes wawancara. Tingkat keberhasilan siswa dinyatakan dengan kategori tuntas dan tidak tuntas (KKM=65).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa, yaitu pada siklus pertama siswa yang tuntas sebanyak 17 orang siswa, dan pada siklus kedua ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 33 orang siswa. Dengan demikian implementasi metode tutor sebaya berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK (powerpoint) di kelas V SDN 021 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, TIK, Metode Tutor Sebaya
The Objective of the research was to improve the students’ learning achievement on Information Communication and Technology in material Microsoft PowerPoint at the fifth grade of SDN 021 Tarakan. To overcome the students’ learning achievement problem was by using peer-tutor method in Classroom Action Research at class V of SDN 021 Tarakan. The instrument of the research was performance test, observation sheet for teachers’ activity, observation sheet for student students’ activity, and interview. The level of students’ achievement was based on minimal passing grade (KKM=65). The result of the research showed that there was an improvement on students’ learning achievement in which in the first cycle there were 17 students’ who reached the KKM and increase in the second cycle becoming 33 students’ who reached the KKM. Thus, the implementation of peer-tutor could improve the students’ learning achievement of Information Communication and Technology subject (Power point) at the class V of SDN 021 Tarakan. Keywords: Results of Learning, Technology Information and Communication, Peer-Tutor