Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Siswa Kelompok A TK Cahaya Firdaus Karang Anyar | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Siswa Kelompok A TK Cahaya Firdaus Karang Anyar

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Siswa Kelompok A TK Cahaya Firdaus Karang Anyar

Pengarang : Lestari Ningsih - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana penggunaan metode cerita bergambar pada siswa kelompok A TK cahaya Firdaus akan meningkatkan kemampuan berbahasa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada 2 kali pertemuan, mulai tanggal 5 sampai dengan tanggal 16 september 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelompok TK A Cahaya Firdaus Karang Anyar dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki 13 siswa perempuan.
Alat peraga atau metode yang digunakan berfungsi sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif, siswa akan lebih mudah dan cepat menangkap tujuan dan bahan ajar, meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada siswa kelompok TK A Cahaya firdaus Karang Anyar. Akhir siklus II telah memperoleh presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 87% atau sebanyak 23 siswa.

Kata Kunci: Metode Cerita bergambar, Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ speaking ability through talk picture story at group A TK Cahaya Firdaus Karang Anyar Tarakan. The research was done from 5 to 16 September 2012, the research objects were student of group A TK Cahaya Firdaus Karang Anyar Tarakan. The group consists of this research was done into some steps; numbering, giving task, discussing, and presenting. 25 students, namely 12 boys and 13 girls. Educational tool was used in this research is talk picture story to make the effective teaching and learning process. Based on the data was take, it can be said that this educational tool can help students to increase the students’ speaking performance, the data showed that 87% of the students or 23 students are able to gain the minimum score (KKM). Eventually, it can be revealed that the students’ ability or performance can be increased through talk picture story for students at group A TK Cahaya Firdaus Karang Anyar Tarakan. Keywords: Talk Picture Story, Students’ Speaking Ability

Detail Informasi