
Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas IA SDN 042 Tarakan
Pengarang : Laila Kencana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Kesulitan membaca kata dialami oleh siswa kelas IA SDN 042 Tarakan disebabkan karena pendekatan pembelajaran yang disampaikan guru kurang menarik menyebabkan anak-anak kesulitan dalam membaca kata. Melihat kendala-kendala dan fenomena yang terjadi di lapangan maka penulis melakukan berbagai macam teknik dan strategi untuk membantu anak-anak dalam membaca awal di kelas IA SDN 042 Tarakan yaitu dengan media gambar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca awal dengan menggunakan gambar sebagai media pembelajaran pada siswa kelas IA SDN 042 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan. Penelitian ini meliputi hasil belajar yang diambil dari pemberian tugas pada setiap akhir kegiatan dan setiap aktivitas kegiatan siswa diambil dari lembar observasi setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan siswanya berjumlah 30 siswa.
Hasil analisis dari penggunaan media gambar selalu mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata nilai dalam satu kelas yaitu (81.50%) dan siklus II rata-rata nilai dalam satu kelas yaitu (86.75%).
The difficulty in Read word is experienced of student in the class 1A SDN 042 Tarakan caused the closer study that telling by a teacher lest interest. The election word that lest precise and use a media that less interest caused the children difficulty in reading the word. Look from the obstacles and phenomena that happening in the field, so the writer does anything technique and strategy for help the children in starter read in the class IA SDN 042 Tarakan that is with picture media. The purpose from this research is for increase the starter read skill with use picture as study media at student in the class 1A SDN 042 Tarakan. This research is doing two cycles that each cycle consists of planning, execution action and perception. This research covering the study result that taken from giving a task for every end activity and every student activity taken from observes sheet. Every cycle is doing in twice meeting and the students amounting to 30 students. The analysis result and usage a picture media always experiencing increase, in the average grades cycle I in one class that is (81.50%) and the average grades cycle II in one class that is (86,75%).