Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (PKN, IPA, Dan Matematika) Tema Indahnya Alam Indonesia Di Kelas III-A SDN 018 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (PKN, IPA, Dan Matematika) Tema Indahnya Alam Indonesia Di Kelas III-A SDN 018 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (PKN, IPA, Dan Matematika) Tema Indahnya Alam Indonesia Di Kelas III-A SDN 018 Tarakan

Pengarang : Juniati Massolo - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tematik (PKn, IPA, dan Matematika) tema Indahnya Alam Indonesia di kelas III-A SDN 018 Tarakan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini di laksanakan mulai bulan April sampai bulan Juni 2012 terdiri dari dua siklus, dan dalam satu siklus dilaksakan tiga kali pertemuan.
Subjek penelitian adalah siswa kelas III-A SDN 018 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 33 siswa. Fokus penelitian ini adalah khasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Tematik. Data dikumpulkan setiap siklus melalui observasi, dan hasil tes evaluasi siswa.
Nilai rata-rata hasil belajar PKn siswa sebelum mendapat tindakan mencapai 64,54, IPA siswa mencapai 55,60, dan Matematika siswa mencapai 50,90, berada dikategori cukup baik. Setelah mendapat tindakan pada siklus I nilai rata-rata PKn siswa mencapai 68,03, IPA siswa mencapai 73,84, dan Matematika siswa mencapai 67,36, berada dikategori baik. Pada siklus II, Nilai rata-rata hasil belajar PKn siswa mencapai 73,30, IPA siswa mencapai 77,15, dan Matematika siswa mencapai 75,54. Jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar PKn pada siklus I sebanyak 18 siswa atau 54,55%, IPA siswa sebanyak 24 siswa atau 72,72%, Matematika siswa sebanyak 20 siswa atau 60,60%. Pada siklus II yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar PKn sebanyak 24 atau 72,72%, IPA sebanyak 26 siswa atau 78,79%, dan Matematika sebnayk 25 siwa atau 75,75%. Peran aktif siswa pada pembelajaran Tematik ini sangat baik dan meningkat pada setiap siklus.

Kata Kunci: Hasil Belajar, (PKn, IPA, dan Matematika), Model Pembelajaran Tematik

The objective of this study is to improve student’s learning outcomes by using thematic learning model (Natural science, math and civic education) theme is the natural beauty of Indonesia in grade III-A SDN 018 Tarakan in academic year 2011/2012. This study is classroom observation research. This study held on April until June 2012 which is consist of two cycles and in each cycle held three meetings. The subject of this study is all students in grade III-A SDN 018 Tarakan in academic year 2011/2012 with 33 numbers of students. This study focuses on student’s learning outcome after using thematic learning model. The data collected in every cycle through observation and students test result. The average score of civic education before the observation was 64,54, natural Science was 55,60 and math was 50,90, still in good category. After the observation done on the cycle I the average score for civic education was 68,03, natural science 73,84 and math was 67,36 are in good category. In the cycle II, the average score civic education was 73,30 natural science 77,15 and math was 75,54. In cycle I the number of students who pass the test in civic education are 18 students or 54,55%, natural science are 24 students, or 72,72%, math are 20 students or 60,60%. In the cycle II the number of students who pass the test in civic education are 24 students or 72,72%, natural science are 26 students, or 78,79%, math are 25 students or 75,75%. Students’ interaction in thematic learning was really good and increased in every cycle. Keyword: Learning Outcome, (Civic Education, Natural Science, and Math) Thematic Learning Model

Detail Informasi